Waspadai Efek Negatif Penggunaan Komputer

Apakah Anda sering menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama? Entah bekerja, surfing internet atau bermain game. Jika jawabannya “iya”, maka Anda perlu waspada. Mengapa? Penelitian menulis bahwa seseorang yang menggunakan komputer lebih dari dua jam sehari, rentan terkena computer vision syndrome (CVS). Sindroma ini adalah keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama.

Gejala seseorang terkena CVS adalah iritasi yaitu mata merah, perih, berair atau terasa kering. Selain itu, mata terasa lelah, kelopak mata atau dahi terasa berat. Penyebabnya adalah frekuensi berkedip yang menurun akibat menggunakan komputer dalam waktu lama. Posisi komputer serta pengaturan cahaya yang salah juga salah satu penyebab terjadinya CVS.

Untuk mengurangi resiko terkena CVS, sebaiknya seseorang beristirahat selama sekitar 10 hingga 10-15 menit tiap 1 jam sekali ketika berhadapan dengan komputer secara terus menerus. Selanjutnya, alihkan pandangan dari monitor setiap 15 menit dengan melihat objek yang jauh kira-kira 10 detik. Dengan begitu, mata dan pikiran diberi kesempatan rileks sejenak dan siap kembali digunakan setelah beristirahat.

Sebuah aplikasi bernama Health Alarm Clock merupakan software yang berfungsi sebagai pengingat (alarm) berapa waktu yang telah seseorang habiskan di depan komputer. Ketika tulisan ini dibuat, Health Alarm Clock telah mencapai versi 1.1. Aplikasi ini bersifat gratis alias freeware dan bisa di unduh di http://artdocks.com/. Selain itu Healt Alarm Clock berukurannya cukup kecil, yakni hanya sebesar 1,85 Mb. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa dijalankan di atas platform OS Windows XP, Vista/7. Sedangkan untuk Linux atau Mac OS X, belum tersedia.

Setelah di unduh dan di install pada komputer Anda, aplikasi ini secara otomatis akan berjalan secara autorun. Selanjutnya, isi interval waktu dimana alarm akan berbunyi. Misal, interval diisi 4 : 30. Maka alarm secara otomatis akan berbunyi tiap 30 menit untuk 4 jam ke depan. Besarnya interval ini bisa berubah, tergantung kebutuhan masing-masing orang. Jadi, ketika alarm berbunyi Anda disarankan untuk beristirahat sejenak dari aktivitas menggunakan komputer.

Aplikasi ini juga menghitung waktu berapa lama komputer telah Anda pakai. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan level kesehatan serta resiko yang kesehatan yang akan dihadapi. Level kesehatan yang dilambangkan dengan indikator warna hijau, kuning, dan merah. Level kesehatan ini bergantung pada lama pemakaian komputer. Makin lama penggunaan komputer, maka level kesehatan menjadi warna merah alias berbahaya. Ketika alarm menunjukan sebuah level, maka akan diikuti efek kesehatan yang menyertainya. Misal, Healthy Alarm Clock menunjukan level kuning, maka efek kesehatannya adalah bahaya terkena CVS.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, mari sama-sama mencegah efek penggunaan komputer yang berlebihan menggunakan aplikasi ini. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s