Konfigurasi DNS Server Ubuntu 11.04

Libur akademik kuliah selama 2 bulan menimbulkan efek kejenuhan yang teramat sangat bagi saya. Apalagi jika libur tersebut tidak diisi dengan suatu kegiatan. Saran para dosen si daripada tidak ada kegiatan, lebih baik mengulas kembali materi kuliah yang pernah diajarkan hal ini disebabkan karena nilai yang diperoleh para mahasiswa di kelas saya sedikit anjlok :P . Berhubung saya mahasiwa yang baik dan penurut kepada dosen :P lebih baik saya tururi saja saran dosen tsb :D .  Sebelumnya pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata DNS apabila anda berkecimpung di dunia networking :) .  Ya, benar sekali pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara konfigurasi DNS Server pada distro Ubuntu 11.04, namun saya tidak akan menjelaskan definisi DNS Server itu sendiri karena di wikipedia sudah cukup jelas mendefinisikan arti DNS Server itu sendiri :P . Jika anda masih penasaran, klikdisiniuntuk memperoleh definisinya. Oke, langsung saja :) pertama-tama buka terminal anda. Kemudian masuk sebagai super root. Setelah itu install bind9 dengan menginput perintah :

apt-get install bind9

 

Jika proses installasi telah selesai, edit file named.conf.default-zones yg terletak di /etc/bind. Input perintah di bawah ini :

nano /etc/bind/named.conf

 

tambahkan script di bawah ini (saya menggunakan IP 192.168.1.27) :Jika sudah save dengan CTRL+O, kemudian CTRL+X untuk keluar dari text editor. Copy file db.local dengan nama db.forward dan db.127 dengan db.reverse, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi kesalahan dalam pengonfigurasian. Input perintah berikut :

cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.forward

cp /etc/bind/db.127 /etc/bind/db.reverse

 

Kemudian konfigurasi file db. forward dengan menginput perintah :

nano /etc/bind/db.forward

 

lalu masukkan script di bawah ini :

Setelah itu edit file db.reverse dengan menignput perintah dibawah ini :

nano /etc/bind/db.reverse

 

lalu edit isi file tersebut sesuai dengan gambar di bawah ini :langkah terakhir adalah mengedit file /etc/resolv.conf dengan menginput perintah dibawah ini :

search bayuaji.com nameserver 192.168.1.27

 

save kemudian restart service bind dan network dengan perintah :

/etc/init.d/networking restart

/etc/init.d/bind9 restart

 

Lakukan tes untuk mengetahui apakah konfigurasi DNS sukses atau tidaknya dengan perintah nslookup atau dig. Jika sukses maka akan muncul pesan seperti dibawah ini :Selamat mencoba :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s